Ini Aksi Sederet Musisi Lewat 20 Detik Cuci Corona

20 detik yang semoga menyatukan para musisi dan masyarakat Indonesia, melawan virus Corona!

Sederet musisi dari berbagai genre membuat lagu tentang pentingnya cuci tangan. Uniknya, lagu tersebut hanya berdurasi 20 detik saja. Ide ini berawal dari minimnya pengetahuan masyarakat Indonesia tentang Corona.

Hingga saat ini musisi yang sudah berpartisipasi di antaranya; Jason Ranti, Andy RIF, Tria Changcuters, Cliff Club 80s, Yella Sky feat King Masmus, dan lain-lain. Band punk rock asal Jogja, Roket juga ambil bagian dengan lagu singkat berisi pernyataan politik masyarakat kebanyakan.

Sejak kasus positif Corona meningkat, masyarakat jadi kalap. Borong hand sanitizer, tisu basah, tisu magic, juga masker! Yang kehabisan masker, pada bikin sendiri.

Padahal menurut informasi dari WHO, langkah dasar pencegahan virus Corona bukan masker, tapi mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun di air mengalir, setidaknya 20 DETIK! Tujuannya agar komponen pembentuk virus yaitu RNA, protein, lemak, terpisah dan virus yang melekat di kulit bisa mati.”

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 20DetikCuciCorona (@20detikcucicorona) on

Dulu tahun 1918, virus Flu Spanyol telah membunuh 1,5 juta manusia di koloni Hindia Belanda/Indonesia. Dan tidak menutup kemungkinan tragedi itu bisa terulang, mengancam kita, keluarga kita, tetangga-tetangga kita, teman teman kita.

“Makanya kita harus bersatu! Berkolaborasi untuk mengedukasi!”

Belajar dari Pemerintah yang bermasalah dengan penggunaan bahasa, maka penggunaan musik sebagai bahasa yang dimengerti semua orang menjadi pilihan yang baik.

 

View this post on Instagram

 

“Kebersihan adalah benteng external untuk kesehatan kita dan makanan Alami merupakan booster internalnya. Dengan Budaya Bersih Alami maka akan membantu kita dijauhkan dari virus dan Penyakit serta Resiko dari bahan Kimia secara langsung ataupun berkala.” Makasih @yellaskysoundsystem feat @kingmasmus yg udah kasih saran dan lagu yang pasti kita dengerin buat jadi soundtrack, temen, timer cuci tangan 20 detik basmi #viruscorona _ Saatnya musik turun tangan mengedukasi langkah sederhana, tapi paling mendasar dalam pencegahan virus: CUCI TANGAN 20 DETIK. Hai kawan musisi, ayo bikin lagu 20 detik, dan gabung gerakan sosial #20detikcucicorona Kirim ke email: [email protected] atau colek _ • Hargo WA 081236202003 IG @dhanihargo _ • Fikri WA 082130300422 IG @fikridzul Salam #cucitangan #reggae #yellaskysoundsystem #kingmasmus #dirumahaja #lawancorona #lawancovid19

A post shared by 20DetikCuciCorona (@20detikcucicorona) on

Lewat gerakan #20DetikCuciCorona, kamu bisa menghitung durasi cuci tangan yang benar. 20 detik yang semoga menyatukan para musisi dan
masyarakat Indonesia, melawan virus Corona!

Karena semua dalam situasi sulit, maka teknis merekam lagunya tidak dibatasi. Nah, jika kamu musisi dan ingin ikutan gerakan ini kirim materinya dalam format MP3 atau WAV ke: [email protected], WA 081236202003 IG @dhanihargo, atau Fikri WA 082130300422, IG @fikridzul

Semoga gerakan ini bisa bantu orang-orang buat CUCI TANGAN 20 DETIK sesuai anjuran WHO. Semoga Indonesia segera terbebas dari virus Corona/COVID-19.